WELLBEING

10 Alasan Kesehatan untuk Berolahraga


Kalau anda tidak suka berolahraga, maka anda perlu membaca 10 alasan ini. Apapun alasan anda, ketika menolak berolah raga akan goyah. Tidak punya waktu, sibuk bekerja, lebih memilih bermain dengan teman, anak atau keluarga, dll.

Seberapa pentingkah olahraga untuk anda?

Sangat!

Karena anda menjadi harapan dan tumpuan orang-orang yang anda cintai. Mungkin bukan materi, tapi keberadaan anda dalam keadaan sehat wal afiat sangat berarti. Ini 10 alasan kesehatan, sehingga anda mau berolahraga:

  1. Memperpanjang umur. Anda membakar setidaknya 2000 kkl per minggu dengan berolahraga. Orang yang melakukannya rata-rata hidup dua tahun lebih lama dibandingkan orang yang tidak berolahraga.
  2. Mampu menurunkan dan menjaga berat badan. Jika berolahraga, anda membakar lebih banyak energi daripada yang anda konsumsi. Jika anda ingin menurunkan berat badan, anda dapat membakar kalori melalui kegiatan sehari-hari. Aktivitas mengurus rumah atau memilih menggunakan tangga daripada eskalator atau lift akan sangat membantu anda untuk membakar kalori.
  3. Melepaskan stres dan kegelisahan. Manfaat berjalan kaki lebih baik dan bertahan lama dibandingkan dengan obat penenang.
  4. Mencegah penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, dan kanker tertentu. Olahraga secara teratur dapat mengurangi tekanan darah dan level kolesterol, serta menurunkan resiko penyakit jantung. Olahraga juga meningkatkan jumlah kalsium dalam tulang dan lebih efektif mencegah osteoporosis daripada obat-obatan. Olahraga dapat mencegah pembentukan kanker termasuk kanker payudara dan usus.
  5. Memberikan energi. Setelah bekerja, anda merasa lelah menal, sirkulasi darah buruk, dan lapar. Olahraga akan memberikan energi bukan sebaliknya.
  6. Mengurangi gejala-gejala premenstruasi dan menopause. Olahraga meningkatkan sirkulasi, memperbesar pembuluh darah, dan mengurangi kram saat mentruasi. Apa anda pernah mengalaminya? Jika iya, maka alasan anda untuk berolahraga semakin kuat daripada menahan rasa sakit dan perut kram saat menstruasi.
  7. Memperlancar pencernaan. Aktivitas fisik memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.
  8. Menjaga kesehatan punggung. Aktivitas dikantor dengan duduk cukup lama atau aktivitas rumah tangga tak lepas dari kelelahan yang sangat pada punggung. Olahraga akan membuat otot-otot yang kuat disekitar torso sehingga memperingan beban tulang punggung. Olahraga menjaga kekuatan dan daya tahan sendi, otot, tendon dan ligamen di punggung anda.
  9. Mengurangi kekakuan pada tubuh. Olahraga memperlancar sirkulasi, memperbesar pembuluh darah dan meningkatkan metaboliame bahkan saat beristirahat.
  10. Tampil lebih cantik. Olahraga menjadikan kulit tampak lebih sehat. Mata tampak lebih indah, otot lebih kuat, postur lebih baik dan mengurangi varises serta selulit.

Tunggu apa lagi? Pilih olahraga yang anda sukai, dan mudah anda lakukan setiap saat, maupun secara teratur.

Sumber: Wellbeing by Oriflame

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s