KESEHATAN ANAK, RANDOM INTEREST

6 Tips Memilih Dokter Anak


wp-1482398811927.jpg
Senang kalau menemukan dokter yang disukai orang tua dan anak-anak. Buat dokter anak sebisa mungkin nggak ganti-ganti. Berdasarkan berbagai sumber dan pengalaman pribadi, ada 6 tips memilih dokter anak.
Pertama, lokasi praktek yang mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.  Selain itu juga tidak terlalu jauh dari tempat tinggal sehingga si kecil dapat segera mendapatkan pertolongan jika diperlukan.

Kedua, reputasi dokter. Dapatkan informasinya tentang dokter tersebut dari rumah sakit, orang-orang terdekat dan  komunitas atau forum di berbagi media sosial.  Selain itu, Anda dapat melihat urutan antrian pasien sebagai salah satu pertimbangan karena biasanya hal itu mencerminkan reputasi dokter tersebut.
Ketiga, komunikatif. Hal ini dapat dilihat dari cara dokter mengkomunikasikan setiap hasil pemeriksaan terhadap anak dan cara dokter  berkomunikasi dengan anak selama pemeriksaan. Dokter akan dengan senang hati menjelaskan setiap detail obat yang diberikan dan berdiskusi tentang perkembangan anak. 
Tak jarang dokter bertanya langsung dengan anak sehingga anak merasa nyaman dan dilibatkan ketika orang tua berdiskusi dengan dokter, selain mainan yang disediakan tentunya. Anak merasa menjadi bagian didalamnya, berinteraksi dengan dokter dan lebih mudah menerima saran yang diberikan oleh dokter.
Dokter anak yang baik tidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap keluhan atau sakit yang diderita si kecil. Dokter akan memperhatikan pertumbuhan tinggi dan berat badan anak sebelum menanyakan perkembangan anak lainnya seperti imunisasi wajib yang sudah dan belum diberikan kepada anak, kemampuan berbicara, berinteraksi dan aktivitas fisik yang sudah bisa dilakukan oleh anak. Dokter juga akan memberikan saran untuk meningkatkan atau menjaga pertumbuhan anak baik secara psikologis maupun secara fisik.
Keempat yaitu suasana tempat praktek yang nyaman untuk anak. Ukuran ruangan yang tidak terlalu sempit membuat anak leluasa bergerak, Dekorasi ruangan lebih berwarna dan tersedia beberapa mainan atau boneka untuk membuat anak merasa senang. Kenyamanan ini dapat dilihat dari reaksi anak selama pemeriksaan.
Kelima adalah biaya. Pilih dokter yang sesuai dengan kemampuan Anda sehingga pengobatan dapat berjalan lancar dengan dokter yang Anda pilih.
Keenam yaitu ketersediaan dokter pengganti atau dokter anak lainnya. Hal ini penting diperhatikan untuk mengantisipasi jika dokter pilihan kita sedang tidak ditempat atau Anda berada pada antrian panjang sementara anak harus segera mendapatkan pemeriksaan. 
Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s